Jumat, 24 September 2010

Pilih PraBayar atau Pasca Bayar

oleh abidz



Sejak ramainya teknology selluler istilah Prabyar dan Pasca Bayar menjadi sesuatu yg lumrah, begitupun didunia langganan internet ( ISP ) kedua istilah itu dipakai, walaupun sebenarnya sejak lama istilah itu ada, tapi mungkin ada sebagian dari kita yg belum mengetahui istilah tersebut.

Secara simple pengertian PraBayar adalah Bayar sebelum pakai, contoh simple misal beli pulsa 5000 perak untuk pemakaian masa aktif 7 hari, maka ketika akan menikmati layanan ya harus bayar dulu baru dipakai dengan masa 7 hari setelah itu akan ada masa tenggang. Kalau Pasca Bayar adalah Pakai dulu baru bayar, misalnya langganan matrix/halo, maka tagihan akan muncul setelah pemakaian 1 Bulan.

Nah berkaitan dengan pilihan mana yg akan dipakai, itu terserah pada kemampuan kita yg akan menggunakannya, apakah Pra atau Pasca. Berkaitan dengan Langganan akses internet, maka biasanya aturan yg diterapkan adalah PraBayar, dalam artian tagihan keluar diawal bulan untuk pemakaian satu bulan tersebut, dan menurut saya aturan PraBayarnya di ISP itu sudah semi Pascabayar, karena dalam periode penagihan satu bulan kita masih bisa menikmati langganan.

Sebagai ilustrasi : Misal kita dapat tagihan tgl 2 Tiap bulan, maka kita dikasih waktu sampai tgl 20 untuk melunasi bulan tersebut, tetapi sampai batas waktu tgl 20 itu kita masih bisa akses, bila lewat bulan tersebut baru koneksi kita akan di cut dan setelah melunasi akan diaktifkan kembali.

Cuma terkadang kita sebagai pelanggan suka salah mengartikan dan dengan sewenang-wenang menggunakan batas akhir tiap bulannya untuk melakukan pembayaran padahal kita sudah menggunakan layanan, disini yg saya sebut Prabayar semi Pascabayar hehe..

Nah ada yg lucunya adalah kita berlangganan dan sudah menikmati fasilitas tapi ketika koneksi kita dicut oleh ISP kita uring-uringan dan komplain berat kenapa koneksi dicut tanpa konfirmasi, padahal bila kita menyadari bahwa ketika tagihan awal bulan datang itu adalah warning kepada kita untuk segera melunasi tagihannya sebelum kita menggunakan.

Karena etika yg baik sebenarnya adalah membayar dulu baru menggunakan, hal itu berlaku untuk segala hal, misal ketika kita makan diwarung, alangkah baiknya bayar dulu sesuai yg kita ambil baru kita nikmati.

Ah melebar kemana-mana hehe.

0 komentar:

Posting Komentar