Jumat, 24 September 2010

Kebutuhan Vit C dalam Tubuh Hanya 50 mg


oleh abidz

Salahsatu Vitamin yg berperan sebagai antioksidan adalah Vit C, dalam kondisi normal kebutuhan akan Vit C hanya 50mg-75mg saja dan itu biasanya sudah tercover dengan asupan makanan sehari-hari asal dengan syarat 4 sehat 5 sempurna.

Lalu apakah mitos bahwa mengkonsumsi Vit C dosis tinggi seperti sedang ramai di iklan Vit C 1000 mg, hal itu tidaklah salah bila kondisi tubuh membutuhkan lebih dari dosis normal, apalagi hidup kita selalu berhubungan dengan radikal-radikal bebas misal dikota2 besar dengan tingkat polusi yg tinggi, tetapi perlu diingat bahwa daya maksimal serap tubuh adalah 500mg saja, dan sisanya menjadi cadangan namun bila tidak digunakan oleh tubuh akan dikeluarkan bersama urine atau bisa juga beralih ke usus halus yg berefek pada terjadinya diare dan hati-hati bagi penderita Maag.

Vitamin C memiliki peran dalam metabolisme kolesterol dengan meningkatkan laju pembuangan kolesterol yang dibuang dalam bentuk asam empedu (produk akhir kolesterol), meningkatkan kadar HDL (kolesterol yang ‘baik’), dan sebagai pencahar (meningkatkan pembuangan kotoran). Dengan demikian vitamin C akan menurunkan penyerapan kembali asam empedu dan pengubahannya menjadi kolesterol. Vitamin C berperan menjaga keseimbangan kolesterol dan trigliserida (keduanya adalah suatu jenis lemak dalam tubuh), sehingga jika kadar keduanya meningkat, vitamin C dapat menurunkan kadarnya. Sayang, hal ini hanya berlaku pada orang dengan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Di samping itu, vitamin C sangat penting untuk sintesis kolagen yang merupakan serabut kuat penyusun otot, kulit, termasuk juga pembuluh darah. Jadi, jelas bahwa kekurangan vitamin C akan melemahkan struktur pembuluh darah, jantung, dan otot jantung. Lebih jauh, kekurangan vitamin C menyebabkan kerusakan susunan sel pada dinding pembuluh darah arteri sehingga dapat terisi kolesterol dan menyebabkan aterosklerosis.

Nah dari pada minum Antioksidan dengan harga yg tinggi ( CDR 10 biji 26 rb ) mending dirumah tanamlah pohon jambu biji supaya bisa mendapatkan vit C alami, karena seperti kita tahu kandungan vit C dalam jambu biji itu termasuk tinggi atau mulailah menyukai lalapan :mrgreen:

0 komentar:

Posting Komentar