Rabu, 03 November 2010

MERAPI MENGGILA


oleh abidz anam

Seperti yg sudah kita ketahui bersama, siklus 4-5 tahunan erupsi merapi kembali terjadi, tgl 26 Oktober 2010 yg lalu merapi kembali memuntahkan awan panas dan lava pijarnya, tahun ini aktivitas merapi meningkat sangat cepat, hanya jeda 4-5 hari dari siaga sudah menjadi awas level 4. Letusan kali lebih dahsyat dari yg 2006 dan memakan korban jiwa 34 orang termasuk sang Juru Kunci Mbah Maridjan. Selain korban meninggal dan luka-luka yg menjadi fokus berikutnya adalah para pengungsi yg masuk dalam radius 5KM-10KM untuk menjauh karena status awas merapi masih belum diprediksi kapan akan berakhir, para pengungsi tersebar di 4 kabupaten ( Sleman, Klaten, Boyolali dan Magelang ).

Bantuan sudah banyak bermunculan dari berbagai lapisan masyarakat, relawan pun sudah banyak yg terjun ( salutte buat para relawan ).

Sejak erupsi Merapi ketika online saya jadi rajin memantau perkembangan merapi dan para pengungsinya lewat @infomerapi dan @jalinmerapi di twitter, selain itu saya pun memantau live di dua livestreaming berikut :

- http://merapi.bgl.esdm.go.id/

- http://opensource.telkomspeedy.com/furusato/test/merapi/

Untuk penyaluran bantuan dan wilayah mana saja yg masih butuh bantuan dan relawan bisa mengupdatenya di site berikut ini :

- http://merapi.combine.or.id/

Tetap semangat membantu, tetap semangat mendoakan dan tetap sabar dan tabah bagi para korban di pengungsian.

0 komentar:

Posting Komentar